24 Manfaat Website Untuk Usaha Kecil Hingga Perusahaan Besar

Tahukah kamu? Menurut Head of Marketing Facebook Indonesia, sebanyak 82% pelanggan melibatkan pencarian online saat hendak membeli sesuatu. Misalnya dengan membandingkan satu produk dengan yang lain di website atau situs e-commerce. Hal ini tak lepas dari  dampak digital native di abad 21. Nah, itulah mengapa manfaat website untuk usaha sangatlah krusial.

Website merupakan alamat web usaha  Anda yang bisa ditemukan di internet. website juga bisa dikatakan sebagai partner kerja atau tools online yang bisa mengantarkan pelanggan ke toko Anda.  Dengan demikian, jangkauannya bisa lebih luas.

Tapi yang lebih mengejutkan ialah sebanyak 35-40% bisnis kecil belum memilki website. Padahal, perannya sangat penting bagi usaha kecil hingga perusahaan besar.

24 Manfaat Website Untuk Usaha 

Apa saja sih manfaat website untuk bisnis? Berikut rangkumannya untuk Anda,

1. Membuat kesan pertama yang menyenangkan

Seperti yang kita tahu, kesan pertama sangat menentukan bagaimana perspektif pelanggan seterusnya. Pengunjung yang baru pertama kali datang  dan calon pelanggan potensial sangat senang  jika bertemu dengan situs web yang selain informatif, juga menarik dan tidak membosankan.  

Jadi saat melakukan marketing via call atau email, jangan lupa untuk memberikan alamat website. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Alih-alih memberikan informasi secara lisan kepada orang asing, boleh jadi situs web merupakan tools yang ampuh untuk memberikan kesan pertama yang menyenangkan. 

2. Tools penjualan yang hebat

Selain mencantumkan informasi dasar seperti alamat, telpon, email, dan lain sebagainya, perusahaan juga wajib menyediakan situs web. Tidak hanya mengenalkan produk pada pelanggan, website juga bisa menjadi alat komunikasi yang baik serta alat penjualan yang hebat.

Bagaimana bisa? Misalnya saja, Anda bisa memberikan penawaran khusus secara online  (melalui website) mengenai produk eksklusif usaha Anda. Penawaran khusus ini bisa jadi pemantik yang akan membuat pelanggan mengunjungi toko dan terus tertarik pada  produk Anda.

3. Terlihat meyakinkan untuk berbisnis

Manfaat website untuk usaha yang satu ini tidak boleh diremehkan. Pasalnya, situs web memang terkadang bisa menjadi salah satu tolak ukur profesionalitas usaha. Situs web yang dirancang dan dikelola dengan baik  akan menampilkan bisnismu di kelas profesional dan berpengalaman. 

Apalagi saat website usaha Anda muncul di halaman pertama mesin pencari, dengan konsep konten, tata letak dan navigasi yang menarik, bisa dipastikan usaha yang Anda jalani bisa bersaing di tengah pasar. 

4. Membangun merk dengan niche market yang jelas

Saat perusahaan membuat website dengan konten yang menarik dan menarik pelanggan. Secara otomatis brand akan semakin terbangun dan membentuk niche market yang jelas. Jadi saat membuka jaringan online, pelanggan sudah memiliki kepercayaan untuk mengunjungi website Anda.

Segala macam isi website mulai dari informasi umum, sejarah, deskripsi produk, hingga artikel yang dibuat dengan menarik dan infromatif menunjukkan bahwa perusahaan mengenal pelanggan dengan baik dan memiliki informasi yang bisa dipercaya. 

5. Membuat daftar email pelanggan

Dengan menambahkan calls-to-action dan form sign up di website Anda, email pengunjung akan otomatis tercatat dan masuk dalam sistem marketing Anda. Ditambah lagi dengan konten yang ditulis secara eye catching akan memaksa pengunjung menjadi calon pelanggan potensial hingga pembeli setia. 

6. Mampu Digunakan Analisis usaha

Pepatah mengatakan, “Anda tidak akan tahu di mana Anda sekarang jika Anda tidak tahu dimana Anda sebelumnya”. Nah, jika Anda sudah melakukan effort untuk mengembangkan website tapi tidak melakukan analisis, bagaimana Anda tahu bahwa upaya itu telah berhasil?

Jadi, untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan, Anda bisa melihantanya dari  dilihat dari jumlah pengunjung, lokasi, hingga demografi. Analisis semacam ini bisa dilihat menggunakan tools seperti Google Analytic. Dengan demikian, langkah dan pemetaan selanjutnya bisa dilakukan dengan baik. Hal ini bisa dilakukan hanya jika usaha Anda memiliki website.

7. Meningkatkan visibilitas

Dengan adanya situs web, visibilitas atau keberadaan perusahaan bisa lebih ditingkatkan. Situs web bisa dikatakan sebagai bentuk fisik perusahaan di dunia maya. 

Misalnya seorang pelanggan ingin membeli cat, ia kemudian mencari secara online mana toko yang paling bagus, akhirnya ketemulah toko A. Ia pun bergegas menuju ke toko A, padahal tidak jauh dari rumah pelanggan ada sebuah toko B yang juga memiliki kualitas bagus.

See? Toko A lebih terlihat karena memiliki website. Sebaliknya, toko B justru kehilangan pelangan potensial karena tingkat visibilitas yang rendah. Itulah mengapa manfaat website untuk usaha tidak bisa diremehkan. 

8. Meningkatkan efektivitas pemasaran

Meletakkan alamat situs web di berbagai media promosi akan mendorong pengunjung untuk memeriksa situs terlebih dahulu saat hendak mencari informasi. Jadi jangkauan pun akan lebih luas. Selain itu, media promosi juga bertambah, efektivitas pemasaran pun akan meningkat.

9. Meminimalisir biaya percatakan dan distribusi

Situs web sudah bisa bertindak sebagai brosur dan katalog online yang bahkan bisa diubah dan diperbarui setiap saat. Berbeda dengan brosur dan katalog offline yang justru memakan banyak biaya percetakan dan distribusi. Dengan adanya website, Anda cukup membagikan alamat situs dan membuat perubahan konten tanpa biaya percetakan dan distribusi.

10. Memudahkan akses bagi pelanggan baru

Adanya website sangat memudahkan akses bagi pelanggan baru. Pengunjung yang ingin membeli barang akan otomatis mencari rekomendasi melalui internet. setelah melihat konten website yang menarik, bisa jadi ia akan menjadi pelanggan setia. 

Mesin pencari memang merupakan alat yang ampuh untuk membuka jalan bagi pelanggan baru. Di samping itu, Anda juga bisa meminta pelanggan untuk membagikan situs ke teman atau kerabat dengan membagikan alamat website perusahaan Anda. Menarik bukan?

11. Membangun merk dengan memiliki identitas domain sendiri

Untuk membangun indentitas daring yang kuat, Anda bisa membuat nama domain pribadi, misalnya www.namaperusahaanAnda.com. Bukan hanya itu, agar identitas semakin kuat, Anda perlu mengatur alamat email untuk perusahaan, karyawan, dan Anda sendiri. 

12. Mudah digunakan dan selalu up to date

Jika dikelola dengan benar, website perusahaan Anda akan selalu up to date. Bahkan pebisnis yang sibuk sekalipun bisa melakukan pembaharuan di manapun melalui laptop atau PC. Anda juga tidak perlu membayar programmer untuk mengubah dan meambahkan produk.

Dengan demikian, uang bisa dialokasikn untuk proyek yang lebih besar. Pelanggan pun bisa melihat harga terbaru melalui situs web perusahaan.

13. Mobile-friendly desain

Ada saatnya pebisnis yang masih merintis usaha hanya punya akses ke situs web yang bisa dilihat di dekstop. Jika menginginkan situs web seluler, perlu mendesain ulang situs dalam format seluler atau membuat aplikasi.

Namun saat ini semuanya sudah dipermudah, yakni membuat website responsive. Website responsive memungkinkan informasi bisa ditampilkan di dekstop, laptop, tablet, hingga ponsel.

14. Meningkatkan produktivitas

Dengan adanya situs website, produktivitas akan semakin meningkat. Mengapa? Karena waktu yang digunakan bisa dipangkas untuk membagikan informasi dan menjelaskan produk kepada pelanggan. Hal itu sudah tidak perlu dilakukan lagi karena informasi lengkap sudah tersedia selama 24 jam di website.

15. Mengedukasi pelanggan

Situs web yang Anda miliki mampu memberikan saran atau penawaran mengenai produk dan layanan yang Anda miliki. Informasi yang tertera di dalam website disampaikan melalui proses pemikiran yang baik. Beberapa pengunjung mungkin melihat sekilas dan langsung memesan, tapi ada pula yang menganlisis produk dengan detail sebelum membeli.

Adanya informasi yang lengkap dan berkualitas di halaman website bisa membuat pelanggan menjadi puas dengan apa yang ia dapatkan. 

16. Memperluas pasar

Semua pasti sudah paham dengan manfaat website untuk usaha yang satu ini. Apalagi kalau bukan memperluas jaringan pasar. Melalui internet dan situs web, perusahaan bisa menerobos hambatan geografis, hingga bisa diakses di mana saja, tidak hanya skala nasional tapi juga global.

Selain itu, penjualan produk secara online akan lebih terjangkau dan lebih mudah, bagi Anda dan pelanggan Anda.

17. Memperpangang jangkauan lokal

Dalam beberapa tahun terakhir, pencarian lokal telah memiliki prioritas yang tinggi untuk mesin pencari google. Google bahkan menciptakan alat untuk membantu memasarkan bisnis dengan baik. 

Bisnis Anda selalu ada di internet, 24/7 365 hari/tahun. Dengan demikian, pelanggan bisa puas menggali informasi yang dibutuhkan dengan lengkap.

18. Alat promosi dan penjualan produk atau layanan

Dengan menampilkan foto produk beserta deskripsi detail ditambah alasan mengapa produk lebih unggul akan sangat membantu untuk mempromosikan produk. 

Di website, Anda bisa memberikan informasi selengkap mungkin, tunjukkan bahwa produk Anda memang yang dibutuhkan oleh pelanggan. Perbarui pula penawaran, bonus, atau diskon secara berkala. Dengan demikian, perusahaan Anda akan selalu dicari.

19. Alat promosi footprint atau jejak 

Ketika pelanggan sedang keluar dari tempat mereka biasa membeli produk Anda, mereka masih bisa menemukan keberadaan produk Anda melalui ponsel. Melalui nomor telepon, alamat, cabang, dan informasi lain yang tertera di website memungkinkan pelanggan bisa menemukan atribut perusahaan Anda kapan saja dan di mana saja.

20. Alat bantu bagi trainer atau staff, vendor, dan pelanggan

Jika semua informasi sudah tersedia di website, maka Anda sudah tidak perlu lagi membuatnya dalam bentuk cetak. Halaman website juga bisa digunakan untuk melatih trainer atau staff, vendor, hingga pelanggan. Jika materi cetak sangat terbatas dan menghasilkan lembah, materi online tidak. Anda pun bisa mmeperbarui materi dengan mudah.

21. Fleksibel, memudahkan pelanggan menemukan lokasi baru perusahaan

Saat Anda mmeindahkan bisnis ke lokasi yang baru, pelanggan masih bisa dengan mudah menemukan perusahaan melalui website sebagai alat pemasaran utama. Website sangatlah fleksibel dan bisa dilihat oleh pengunjung daring yang tengah mencari perusahaan Anda.

22. Tools untuk merekrut karyawan 

Dengan memposting lowongan pekerjaan di website, para calon karyawan sudah bisa dipastikan berbondong-bondong mencari perusahaan Anda. Karena memang sebagian besar pelamar pekerjaan akan mencari lowongan melalui website. Perekrutan pun bisa berjalan lancar.

23. Sebagai alat komunikasi dua arah

Dengan menggunakan tools tertentu di website seperti “live chat”, akan membuat pelanggan bisa dengan mudah menghubungi perusahaan tanpa perlu mengirimkan surel. Selain itu, Anda juga bisa membuat form atau survei yang memungkinkan pelanggan akan memberikan feedback mengenai produk dan layanan. 

24. Meningkatkan kualitas customer service

Manfaat website untuk usaha yang paling penting ialah meningkatkan kualitas customer service atau pelayanan pelanggan. Informasi yang diminta oleh pelanggan bisa segera ditampilkan, diskon dan penawaran lain bisa cepat sampai ke palanggan, dan yang tidak kalah penting ialah ulasan dan keluhan dari pelanggan bisa dikumpukan dengan cepat dan kemudian mengambi tindakan dengan segera.

Dengan melihat 24 manfaat website untuk usaha di atas, sudah bisa dipastikan seberapa penting posisi website bagi perusahaan. Baik bisnis kecil maupun perusahaan besar akan berada di posisi yang merugi kalau sampai tidak memiliki website. 

Leave a Comment