Usaha Kontraktor: Pengertian & Tips Memulai Bisnis Kontraktor

Usaha Kontraktor

Share This Post

Usaha kontraktor pada tahun 2023 sudah diprediksi akan mengalami peningkatan dalam beberapa sektor. Salah satunya dalam ketegori fasilitas rumah tangga dan perumahan. Sudah terbukti pada bulam Maret 2022 lalu, sudah terjadi peningkatan pengeluaran per kapita masyarakat dalam satu bulan untuk mengalokasikan pengeluaran sebesar 53,6 persen.

Meskipun mengalami peningakatan peminat masyarakat dalam bidang konstruksi masih dikatakan banyak yang masih bingung memilik kontraktor terpercaya. Melihat hal ini menjadikan usaha kontraktor memiliki peluang bisnis yang lumayan besar.

Apa Itu Kontraktor dan Sub Kontraktor? 

Mungkin sebagian orang masih bingung dengan pengertian kontraktor. Walaupun sebenarnya kontraktor sering disebut sebagai pemborong. Asal kata kontraktor berasal dari kata “Kontrak” yang berarti suatu perjanjian atau kesepakatan.

Kontraktor merupakan tenaga profesional yang dikontrak untuk memberikan pelayanan ataupun ketrampilan dalam jangka waktu tertentu. Lalu apa yang membedakan dengan sub kontraktor?

Sub kontraktor sendiri juga merupakan tenaga yang sudah profesional yang turut mengambil bagian pada kontraktor utama. Biasanya sub kontraktor akan mengambil bagian yang lebih spesifik dalam suatu proyek.

Misalnya dalam suatu proyek, kontraktor utama biasanya akan memerlukan sub kontraktor listrik, dan bagian konstruksi yang lain.

Layanan Jasa Kontraktor

Tentunya ada banyak layanan yang ditawarkan oleh perusahaan kontraktor, berikut di antaranya:

Bangunan dan material

Tidak seperti jasa desain, biasanya para kontraktor menggunakan alat- alat berat dalam proses bekerjanya. Layanan yang ditawarkan  biasanya berupa penggalian tanah untuk membuat pondasi.

Pembuatan sumur resapan hingga pembersihan lahan, jenis jasa ini umunya hanya dibutuhkan dalam proyek- proyek besar.

Jasa Desain

Layanan kontraktor biasanya akan memberikan sebuah pelayanan berupa survei lahan serta membuat desain sebuah bangunan yang sesuai dengan kebutuhan pemilik proyek. Tidak hanya desain eksterior dan interior saja, tetapi kontraktor juga akan menyertakan beragam fasilitas yang masuk dalam properti.

Renovasi

Jasa konstruksi ini merupakan salah satu jenis jasa yang sering digunakan. Sesuai dengan namanya, pihak konstruksi akan menawarkan layanan pada properti.

Jenis-Jenis Kontraktor

Seperti yang di bahas sebelumnya, selain kontraktor utama terdapat juga sub kontraktor yang membantu pekerjaan di dalam sebuah proyek. Berikut jenis- jenis kontraktor beserta penjelasannya:

a. Kontraktor Arsitek

Jenis kontraktor ini sudah sering anda mendengarnya, karena biasanya cakupan pekerjaan kontraktor arsitektur meliputi bangunan yang memiliki teknologi tinggi, menengah, sampai sederhana.

b. Kontraktor Lingkungan

Jenis kontraktor bidang lingkungan ini akan mengurusi penataan kota. Lingkup pekerjaannya juga hanya berfokus pada dampak lingkungan , perkembangan pengolahan air bersih.

c. Kontraktor Elektrikal

Sesuai dengan namanya, jenis kontraktor ini akan hanya berfokus terhadap satu hal yaitu masalah kelistrikan. Kontraktor di bidang ini mereka akan mengurusi bagian instalasi pembangkit, Jaringan transmisi, pemasangan penangkal petir, hingga bangunan pemancar radio.

d. Kontraktor Sipil

Pembangunan jalan raya, jembatan, hingga landasan pesawat, merupakan lingkup kerja dari kontraktor bidang sipil. Jenis kontraktor ini juga melayani penghancuran bangunan dingga pembuatan pelabuhan.

e. Kontraktor Mekanikal

Jenis kontraktor yang terakhir ini biasanya bekerja menangani hal- hal yang mekanis seperti instalasi AC, konstruksi lift, dan eskalator.

Perbedaan Kontraktor dengan Pemborong

Kontraktor sering kali disebut sebagai pemborong. Padahal keduanya memiliki arti yang berbeda. Dalam segi tugas pemborong memiliki tugas yang sama dengan kontraktor, yaitu menjalankan proyek sesuai dengan perjanjian dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan.

Namun, yang menjadi pembeda antara kontraktor dengan pemborong yaitu dalam segi legalitasnya. Kontraktor pada umumnya pasti sudah berbadan hukum, karena setiap kali menjalankan sebuah proyek pasti akan mendapatkan kontrak tertulis yang sudah memiliki kekuatan hukum.

Sedangkan pemborong belum berbadan hukum jadi saat bekerja pemborong akan mengerjakan proyeknya dengan perjanjian lisan.

Tanggung Jawab dan Tugas Kontraktor

Proses bekerja kontraktor pada umunya akan bergantung pada pemilik proyek. Umumnya kontraktor memiliki tugas dan tanggung jawab menyelesaikan proyek yang sudah disepaki dengan memperhatikan biaya kualitas, hingga jangka waktu yang sudah ditetapkan.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika anda ingin memulai usaha kontraktor:

  • Memastikan desain proyek sudah benar benar selesai sebelum memulai proses pengerjaan.
  • Saat pelaksanaan konstruksi haruslah memperhatikan spesifikasi yang telah ditetapkan.
  • Memastikan pengerjaan proyek sudah mendapat ijin dari pihak yang terkait.
  • Tidak lupa untuk memberikan laporan terbaru mengenai konstruksi kepada pemilik proyek.
  • Pastikan pekerjaan selesai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan.
  • Menggunakan tenaga keja, hingga bahan yang berkualitas demi menjaga kepercayaan konsumen.
  • Selalu memperhatikan keselamatan kerja, hingga alat-alat yang digunakan dalam proses bekerja.

Tips untuk membangun bisnis kontraktor

Setelah anda mengetahui informasi mengenai bisnis kontraktor, anda tentunya juga penasaran dengantips atau cara untuk menjadi kontraktor, atau mungkin bertanya-tanya bagaimana memulai bisnis kontraktor ini.

Berikut ada beberapa tips untuk membangun bisnis kontraktor terpercaya.

  • Mencari Pengalaman

Anda bisa memulainya dari bekerja pada perusahaan kontraktor terlebih dahulu. Dengan cara ini anda bisa menyerap ilmu tentang bagaimana cara kerja kontraktor.

  • Membangun Jaringan

Membangun sebuah jaringan atau relasi merupakan sebuah cara untuk bisa sukses dalam berbagai jenis bisnis, terutama di bidang kontraktor ini. Untuk memulai bisnis kontraktor anda perlu memperluas koneksi mulai dari klien, pemasok hingga berbagai bidang konstruksi.

  • Perencanaan Bisnis

Usaha kontraktor mengharuskan anda untuk memiliki modal yang tidak sedikit. Dengan begitu anda harus memastikan telah menyusun rencana bisnis dengan matang.

  • Memperoleh Izin Usaha

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kontraktor memiliki badan hukum, sehingga anda juga harus memiliki izin usaha sebelum memulai bisnis kontraktor. Anda bisa membangun CV maupun PT.

  • Melakukan Promosi

Dengan melakukan promosi bisa membantu bisnis anda supaya dilirik para calon klien. Karena saat ini banyak memanfaatkan pemasaran digital untuk menjangkau klien dari berbagai tingkatan dengan mudah.

Baca Juga

Apa Itu Landing Page ? Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

More To Explore

Strategi Bisnis yang Terbukti Menguntungkan
Uncategorized

Simak 5 Strategi Bisnis yang Terbukti Menguntungkan !

Anda perlu menggunakan Strategi Bisnis yang Terbukti Menguntungkan agar usaha semakin maju dan berkembang. Dalam menjalankan suatu usaha, maka akan diperlukan strategi bisnis dari awal.

Peluang Bisnis Online
Uncategorized

5 Peluang Bisnis Online dan Tips Memulainya

Sekarang ini, Peluang Bisnis Online sudah semakin banyak diminati. Selain karena keuntungan yang didapat, bisnis online juga mudah dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet. Bisnis online

Konsultasikan Kebutuhan Website Anda Dengan Tim Siap Digital!​

Segera Hubungi Tim Siap Digital Untuk Merealisasikan Website Impian Anda! Tim Profesional Kami InsyaAllah Selalu Siap Melayani Anda.​